Tuesday, March 4, 2014

Aplikasi Gratis untuk Diagnosis BlackBerry Rusak




BlackBerry Virtual Expert, aplikasi gratis untuk periksa BlackBerry rusak.
Aplikasi gratis BlackBerry Virtual Expert bisa membantu diagnosis performa BlackBerry yang sedang rusak.
Jika Anda memiliki BlackBerry yang sedang mengalami kerusakan, jangan keburu panik. Aplikasi gratis ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk mendiagnosis BlackBerry rusak.
Adalah BlackBerry Virtual Expert, aplikasi gratis yang disediakan khusus untuk menguji performa BlackBerry kesayangan penggunanya. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna BlackBerry 10 maupun BlackBerry OS (versi sebelum BlackBerry 10).

Bergantung pada jenis BlackBerry yang digunakan, Anda dapat melakukan serangkaian uji coba yang dapat mengidentifikasi gangguan yang berulang-ulang terjadi dan memperoleh rekomendasi solusi untuk menyelesaikan gangguan tersebut.
Bagi pengguna BlackBerry OS 10.2.1, aplikasi BlackBerry Virtual Expert secara otomatis sudah tersedia di BlackBerry Anda. Cara menemukannya, buka aplikasi Help dan tekan tombol Testing yang ada di bawah layar.
Sementara itu, pengguna BlackBerry OS 10.2 dan versi sebelumnya, aplikasi ini bisa diunduh di BlackBerry World dengan kata kunci “Virtual Expert”. Setelah aplikasi ini terpasang, cari ikon BBVE yang muncul di layar utama (home screen).
Layar utama aplikasi BlackBerry Virtual Expert akan menampilkan tab Health. Di sini, Anda dapat mengidentifikasi informasi terkait BlackBerry sekaligus memberikan akses pengaturan tertentu dengan cepat.
Jika Anda memilih Tests di toolbar yang ada di bawah, Anda dapat melakukan semua uji coba yang tersedia secara sekaligus atau hanya menguji beberapa feature tertentu. Untuk melakukan uji coba secara sekaligus, tekan All Tests atau pilih feature atau fungsi tertentu yang ingin diuji.
Misalnya, Anda ingin mengetahui performa colokan headphone, pilih Audio Test untuk melakukan uji coba terkait dengan audio, atau sebagai opsi lain pilih Choose A Test kemudian tekan uji coba tertentu yang ingin Anda jalankan. Kemudian, ikuti pentunjuk yang ditampilkan dan selesaikan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dengan merekam hasil Pass (lulus), Skip (lewat), atau Fail (gagal).
Apabila salah satu uji coba gagal, setelah membaca saran yang ditampilkan di tab Results dari BlackBerry Virtual Expert, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk menyelesaikan masalah tersebut:
  1. Rangkum gangguan dan langkah-langkah penyelesaian (troubleshooting) yang telah Anda lakukan sekaligus identifikasi versi BlackBerry 10 OS dan PIN. Untuk melihat versi OS, tekan Settings About > ubah Categoryke OS. Untuk melihat PIN Anda, tekan Settings About dan ubah Category ke Hardware.
  2. Unduh dan install BlackBerry Link untuk PC atau Mac untuk melakukan backup perangkat BlackBerry Anda. Ketika menghubungi bagian support untuk memperbaiki gangguan, mereka akan membantu Anda untuk mempercepat proses perbaikan dan proses backup. Untuk bantuan backup atau restore BlackBerry, silakan mengunjungi BlackBerry Link User Guide sesuai jenis komputer yang Anda gunakan.
  3. Bergabunglah dengan BlackBerry Support Community Forums dan buat post mengenai masalah Anda. Pastikan Anda memberikan ringkasan singkat mengenai analisis masalah dan langkah-langkah troubleshootyang telah dilakukan.
  4. Untuk bantuan lebih lengkap, Anda dapat menghubungi operator atau pusat perbaikan di wilayah Anda.